A:hover{cursor: url("http://downloads.totallyfreecursors.com/cursor_files/johnnydepp3.cur"), url("http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/JohnnyDepp3.gif"), auto;} A:hover{cursor: url("http://downloads.totallyfreecursors.com/cursor_files/johnnydepp3.cur"), url("http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/JohnnyDepp3.gif"), auto;} Suthanty Nurfitriyani: NILAI-NILAI SEKRETARIS

Friday, March 25, 2011

NILAI-NILAI SEKRETARIS


Analisis Nilai-Nilai Moral yang harus dimiliki oleh Sekretaris

Sekretaris banyak dibutuhkan oleh instansi atau perusahaan untuk membantu pekerjaan. Tugas sekretaris selain mengerjakan Administrasi juga harus memiliki kemampuan dalam hubungan antar manusia yaitu kemampuan bergaul dan memahami cara berfikir dan memotivasi orang lain. Sekretaris harus memiliki sikap positif,menyenangkan, menghargai, dapat dipercaya dan bertanggung jawab merupakan salah satu moral yang harus dijunjung tinggi.
1.Disiplin
Sekretaris harus dapat berkerja sama dengan orang lain, karena sekretaris tidak bekerja sendiri tetapi dengan orang lain. Dimana tingkah laku seorang sekretaris menjadi contoh bagi yang lain. Apabila seorang sekretaris melaksanakan tugas dengan bermalas-malas akan berpengaruh dengan pekerjaan lain.
      2.Jujur
Kejujuran pada seorang sekretaris sangat diperlukan untuk membina hubungan yang baik, karena kejujuran bagian dari moral seseorang atau pribadi untuk mengatakan kebenaran.
      3.Layak Dipercaya
Sekretaris harus dapat menarik atau mengundang, menginspirasikan, serta memotivasi orang lain. Orang akan lebih memperhatikan apa yang mereka lihat, seperti cara kita membawa diri, sikap, cara bicara, berpakaian,dan lain-lain. Dengan menunjukkan kepercayaan diri kita juga menunjukkan kepada orang bahwa kita layak dipercaya. Supaya dapat dipercaya, antara lain tidak boleh berbohong.
      4.Setia
Tugas sekretaris membantu pimpinan dalam menyelesaikan tugas, maka sekretaris harus selalu siap membantu pimpinan dalam menghadapi kesulitan. Menjaga nam baik instansi atau perusahaan, tidak memfitnah, menghianati, bersedia berbagi beban demi tujuan bersama.
     
      5.Sopan
Sopan adalah nilai-nilai atau ukuran kaidah, budi pekerti, tingkah laku yang halus dan baik. Bila sekretaris ingin disukai dan dihormati harus menjunjung tinggi kesopanan, dipahami, dihayati dan dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat.
      6.Sabar
Sebagai sekeretaris harus bersikap sabar, lapang dada, harus selalu riang walaupun menghadapi banyak pekerjaan dan tidak disukai banyak orang. Dan harus dapat menyesuaikan diri dari segala situasi untuk buktikan kemantapan pribadi.
      7.Rajin
Instansi atau perusahaan membutuhkan sekretaris yang memiliki tingkat intelegensi diatas rata-rata yang membuat, mampu mengerjakan dan mengumban semua tugas, intruksi dari pimpinan, karena itu sekretaris dituntut lebih rajin untuk menyelesaikan pekerjaan, diperlukan dedikasi tinggi untuk membuat tugas rutin yang terkesan membosankan menjadi pekerjaan yang menarik.
      8.Patuh
Sekeretaris harus patuh dalam menjalankan tugas dari pimipinan. Tertib dalam tugas, setiap ada pimpinan, teguh dalam memegang rahasia, dapat dipercaya.
      9.Tanggap
Sekretaris sekarang diharapkan tanggap yang berari dapat berpikir logis, kritis, analitis, kreatif, dan mampu bekerja mandiri tanpa banyak diperintah pimpinan, sekretaris harus kompeten dalam menangani tugastugas dan bisa berfungsi lebih baik. Sekretaris harus mencapai keberhasilan dan bisa berfungsi lebh baik. Dapat berkonsentrasi agar eksekutif puas sehingga dapat dipercaya dan dihargai.
      10.Resik
Kebersihan diri dan kerapihan kerja harus selaku diperhatikan karena kebersihan/resik telah menyatu dengan kehidupan sekretaris. Jangan meletakkan minuman atau akanan di meja kerja. Apabila tumpah kertas kerja menjadi basah. Tumpukan kertas kerja ditata di atas meja dengan rapi. Jangan meletakkan barang – barang seenaknya sampai berantakan diatas meja, karena akan memberikan kesan jelek pada yang melihatnya.





Berikut rumusan sederhana untuk memudahkan dalam  membentuk kepribadian seorang sekretaris, yaitu

  1. Good Appearance
Bukan berarti cantik dalam wajah, tetapi merangkum segala keluwesan dan keskopanan dalam tindakan. Penampilan sekretaris harus dapat diterima di lingkungan kantor tempat bekerja. Cara berpakaian dan dandanan juga mencerminkan kepribadiannya.

  1. Good Behavior
Berarti tingkah laku yang baik. Setiap sikap mempunyai nilai yang beraneka ragam. Sebagai pedoman bagi sekretaris untuk menuju good beaviour adalah berupaya mengajar diri sendiri agar menjadi pribadi yang disenangi oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja dalam suasana apa pun juga.

  1. Good Character
Tuntutan masyarakat menghendaki seseorang mempunyai sifat yang baik dalam pergaulan, lebih-lebih sekretaris dalam hubungannya dengan pimpinan. Sifat-sifat yang baik yang melengkapi penilaian kepribadian sekretaris antara lain kejujuran, pikiran positif, taat beribadah, menghargai orang lain, serta bekerja keras.

  1. Good Capability
Kecakapan sangt dibutuhkan dalam melakukan segala pekerjaan bahkan kehidupan manusia. Oleh karena itu sekretaris harus berusaha meningkatkan kemampuannya untuk menunjang kelancaran pekerjaan.

No comments:

Post a Comment